Ciplukan


Tanaman Herbal dan Obat Tradisional Ciplukan


Nama Latin :   Physalis Angulata
Nama Lokal :   Ciplukan
Diskripsi :   Tanaman herbal ceplukan adalah salah satu herbal yang hidup semusim dan mempunyai ketinggian pohon hanya 1 m saja. Herbal ciplukan ini biasanya hidup dpinggiran kebun, pinggiran sungai dan lereng tebing sungai. Ciplukan ini bisa tumbuh baik pada ketinggian kurang lebih 0-1800 m diatas permukaan laut.
Ciri-ciri tanaman herbal ciplukan  :

 Tanaman Herbal dan Obat Tradisional Ciplukan
Ciplukan
  • Batang    :   Berongga dan bersegi tajam.
  • Daun   :   Berbentuk bulat telur dengan ujungnya yang meruncing. tepi daun kadang rata dan kadang tidak panjang daun 5 – 15 cm dan lebar 2 – 10 cm.
  • Bunga    :   Terletak diketiak daun dengan tangkai tegak dan berwarna keunguan dengan ujung bunga yang mengangguk.
  • Buah   :   Buah buni didalamnya berbentuk bulat memanjang berukuran antara 1,5 – 2 cm berwarna kekuningan jika masak.
Zat yang terkandung dalam ciplukan  :
Chlorogenik acid, C27H44O-H2O, Asam sitrun dan fisalin, Buah mengandung asam malat, alkaloid, tanin, kriptoxantin, vitamin C dan gula, sedangkan bijinya mengandung Claidic acid.
Berikut adalah beberapa khasiat tanaman herbal ciplukan sebagai obat tradisional  :
1. Sebagai obat herbal diabetes Mellitus :   Ambil pohon ciplukan yang sudah berbuah cabut samapi akarnya, cuci bersih, layukan, setelah layu rebus dengan 3 gelas air hingga airnya tinggal 1 gelas, saring. Minum 1 x sehari.
2.  Sebagai obat herbal sakit paru-paru :   Ambillah pohon ciplukan lengkap dari pohon, buah, daun, batang dan akarnya, cuci bersih, rebus dengan 3 – 5 air hingga mendidih, saring, minum 3 x sehari 1 gelas setiap minum.
3.  Sebagai obat ayan :    Ambil 8 – 10 buitr buah ciplukan yang sudah masak. Dimakan setiap hari secara rutin.
4.  Sebagai obat borok :  Ambil 1 genggam daun ciplukan tambah 2 sdm air kapur sirih, tumbuk sampai halus, kemudian tempelkan pada bagian yang sakit.
Sumber : baitulherbal.com

Comments